Categories
Bank

Cara mengajarkan anak untuk mengelola keuangan sejak dini melalui simpanan pelajar

Anda dapat mengikutkan anak pada program simpanan pelajar yang banyak tersedia di berbagai lembaga keuangan. Pelajari selengkapnya disini.

Menabung sejak kecil akan membantu anak mengelola uang yang dimiliki. Fungsinya untuk mencapai tujuan finansial dari anak misalnya uang tabungan dapat digunakan membeli mainan, sepeda dan sebagainya. Melatih disiplin anak dalam mengelola uangnya secara mandiri. Anda dapat mengikutkan anak pada program simpanan pelajar yang banyak tersedia di berbagai lembaga keuangan. Saat ini tidak sulit bagi anak untuk menabung dengan memiliki rekening. 

Dokumen untuk simpanan pelajar

Dulu, kebiasaan menabung dilakukan di celengan. Namun, sekarang terdapat program simpanan pelajar yang dapat dimanfaatkan untuk anak. Pada dasarnya dokumen yang dibutuhkan juga mudah. Menyimpan uang di tempat yang aman juga penting seperti bank. Program simpanan pelajar dapat diikutkan oleh anak dari tingkat PAUD hingga SMA. Pendaftarannya tidak memerlukan KTP, setoran awal tidak besar dan bebas dari biaya administrasi. Umumnya anak akan dikenakan setoran awal minimal Rp. 1.000. anak akan mendapatkan ATM dan juga buku tabungan dengan namanya sendiri. 

Syarat dokumen yang wajib disiapkan adalah foto kopi kartu pelajar, akta kelahiran, mengisi formulir pembukaan rekening dan KTP dari orang tua. Pastikan untuk mengumpulkan semua dokumen sebelum melakukan pendaftaran simpanan pelajar. 

Tempat pembukaan rekening untuk simpanan pelajar 

Pembukaan rekening dapat dilakukan di berbagai tempat, tidak hanya bank namun juga beberapa sekolah menawarkan program menabung untuk siswanya. Sebagai orang tua, anda harus mendukung anak agar mengikuti program tersebut. Di bawah ini terdapat dua tempat yang biasa dimanfaatkan untuk pembukaan rekening:

  1. Sekolah

Beberapa sekolah di Indonesia sudah bekerja sama dengan bank yang memiliki program khusus menabung bagi pelajar. Anda hanya perlu mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang diminta. Paling penting siapkan juga sejumlah uang yang ingin ditabung. Berikan kepada petugas/guru di sekolah yang bertanggung jawab di sekolah. Jika sudah terpenuhi persyaratannya maka anak akan mendapatkan buku rekening dan ATM.  

  1. Bank 

Bank memiliki layanan simpanan pelajar bagi siswa, namun keuntungan yang ditawarkan tentu saja berbeda. Pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuka rekening untuk anak. Sebenarnya hampir sama dengan cara membuat simpanan pelajar di sekolah. Namun, bedanya anak harus membuka rekening langsung ke bank dan didampingi oleh orang tua. Persyaratannya tidak jauh berbeda. Setelah mendaftar, dokumen persyaratan akan langsung diverifikasi, jika lolos anak akan diberikan bukti dari kepemilikan rekening

Untuk menabung selanjutnya, anak akan didatangi langsung oleh petugas bank ke sekolah atau anda langsung ke bank tersebut untuk melakukan setor tunai. Tentu saja, setiap melakukan transaksi tabungan, akan ada bukti setoran. 

Demikianlah informasi terkait cara mengajarkan anak untuk mulai menabung sejak dini. Kegiatan menabung harus dibiasakan agar anak paham bagaimana agar mendapatkan keinginannya sendiri tanpa harus meminta ke orang tua. Belajar menyisihkan sebagian uang belanja untuk ditabung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *