Categories
Kesehatan

Jenis dan Fungsi Hormon FSH dan LH

Hormon reproduksi adalah salah satu hal yang saling berkaitan dengan kesehatan dari organ reproduksi. Baik pada wanita maupun pria, hormon reproduksi ini akan berhubungan pada kesuburan seseorang tersebut. Di dalam hormon reproduksi, nantinya akan ada fungsi hormon FSH dan LH yang berbeda-beda.

Hormon reproduksi sendiri adalah salah satu hal yang akan saling berkaitan dengan kesehatan dari organ reproduksi pada tubuh seseorang. Baik pada wanita maupun pria sendiri, hormon reproduksi ini sendiri akan berhubungan pada kesuburan seseorang tersebut. Di dalam hormon reproduksi, nantinya akan ada fungsi hormon FSH dan LH yang berbeda-beda. 

Mengenal Hormon Reproduksi Pada Tubuh 

Untuk hormon reproduksi sendiri diproduksi sekaligus bekerja pada saat masuk usia remaja. Di mana hormon ini akan berpengaruh terhadap sejumlah perubahan fisik. Jika pada wanita, perubahan tersebut akan terlihat pada payudara yang semakin membesar. Sedangkan pada pria, biasanya akan memiliki dada yang bidang. 

Ada Apa Sajakah Hormon Reproduksi?

Di dalam sebuah hormon reproduksi sendiri, terdiri dari beberapa jenis. Namun, ada 2 hormon yang bisa dibilang cukup penting. Di mana kedua jenis hormon tersebut adalah:

  • FSH

FSH ini sendiri adalah hormon yang diproduksi pada kelenjar pituitari. Hormon ini sangat penting apalagi untuk perkembangan seksual seseorang. Hormon ini bahkan sangat penting terhadap proses pembentukan sel telur pada ovarium dan bisa mengendalikan siklus menstruasi. 

Jika kadar hormon FSH rendah, maka bisa menandakan bahwa wanita tersebut tidak akan bisa mengalami ovulasi. Di mana adanya gangguan pada kelenjar hipofisis ini juga bisa menyebabkan tidak bisanya seorang wanita mengalami kehamilan. 

  • LH

LH ini sendiri adalah hormon yang akan diproduksi pada kelenjar pituitari. Nantinya mereka akan saling bekerja sama dengan hormon sebelumnya yaitu hormon FSH. Jika pada wanita, hormon ini akan berpengaruh terhadap pelepasan sel telur. Jika pada pria, hormon ini akan merangsang produksi hormon testosteron. 

Pada umumnya, untuk hormon LH bagi wanita ini, bisa kian meningkat. Khususnya jika seorang wanita sedang mengalami menstruasi bahkan setelah menopause. Tingginya kadar LH pada seorang wanita juga bisa menyebabkan adanya masalah reproduksi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Hormon FSH dan LSH Mengalami Masalah?

Untuk fungsi hormon FSH dan LH tentunya akan saling berhubungan. Bahkan bagi kesehatan hormon sendiri, bisa dijaga dengan berbagai pola hidup yang sehat. Sebab, jika suatu saat terjadi ketidakseimbangan hormon reproduksi, maka bisa menyebabkan banyak masalah-masalah kesehatan. Baik dari obesitas, osteoporosis, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Apabila Anda mengalami beberapa gejala yang cukup meragukan apalagi pada sistem reproduksi Anda, maka segeralah untuk pergi ke dokter. Agar nantinya Anda bisa mendapatkan pemeriksaan sekaligus penanganan yang tepat dengan masalah yang sedang Anda alami. 

Itulah kedua fungsi hormon FSH dan LH. Selain kedua jenis hormon di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis hormon reproduksi lainnya. Untuk beberapa contoh hormon reproduksi lain yang bisa Anda ketahui seperti hormon testosteron, kemudian hormon estrogen, dan lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *