Categories
Genset

Inilah Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Genset 15 Kva

Bagi kalangan usahawan atau menjalankan bisnis, maka dirasa penting untuk memiliki genset. Dimana pasokan listrik terkadang terhenti sementara dari PLN, maka usaha yang dijalankan haruslah tetap berjalan tanpa ada gangguan atau masalah yang muncul karena terhentinya pasokan listrik.

Genset 15 Kva merupakan genset berkapasitas besar. Dimana jika anda salah dalam memilih spesifikasinya maka tentu akan merugikan anda. Berikut ini akan kita bahas apa saja kriteria genset 15 kva yang harus anda beli, yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha anda:

  • Jaminan atau after sales service

Hal ini tentu saja sangatlah penting. Jangan sampai setelah anda membeli sebuah genset, namun pelayanan purna jual tidak anda dapatkan. Setelah pembelian genset tentu saja terkadang akan muncul masalah. Baik dalam hal pemasangan atau instalasi dan penempatan genset yang sesuai, namun juga perawatan genset tersebut.

Pastikan jika anda akan mendapatkan garansi akan pelayanan purna jual selama tiga tahun. Masa tiga tahun itu dirasa cukup. Karena dengan begitu konsumen akan merasa jika produk genset tersebut memang berkualitas bagus dengan masa garansi yang diberikan selama tiga tahun. 

Anda juga harus memastikan jika pihak penjual juga memberikan jaminan akan spare part, terlebih genset yang anda gunakan tersebut berkapasitas besar. Sehingga usaha anda tidak menemukan kendala dalam hal pasokan listrik yang terganggu.

  • Kapasitas genset yang dibutuhkan

Jika usaha anda sebatas tempat kursus, mini market dan rumah makan, maka anda hanya memerlukan genset dengan kapasitas sedang saja. Karena genset 15 Kva merupakan genset yang biasa digunakan untuk kalangan perusahaan, atau home industri berskala sedang hingga besar.

Jangan sampai dana besar yang telah anda keluarkan untuk membeli genset yang besar, ternyata tidak diperlukan atau terlalu besar. Begitu pula dengan daya listrik yang ada di tempat usaha anda, harus disesuaikan dengan kapasitas genset itu sendiri. Pastikan kapasitas genset tersebut 10 persen lebih besar dari keseluruhan daya listrik yang anda butuhkan.

Untuk genset 15 Kva, itu berarti bahwa kapasitas 14300 watt akan daya listrik bisa anda dapatkan, jika memang pasokan atau daya listrik yang anda butuhkan adalah 13000 watt. Karena anda harus memilih genset kapasitas yang lebih besar 10% dari kebutuhan yang anda perlukan.

  • Tipe genset

Terdapat dua tipe akan genset yaitu silent dan open. Jika anda menggunakan genset bagi usaha kursus atau sekolah, maka pemilihan silent genset akan tepat. Karena suasana tempat kursus harus menghindari polusi suara. Begitu pula untuk usaha rumah sakit, restaurant dan lainnya.

Namun jika anda menggunakan genset nantinya untuk lokasi di Gudang, maka anda bisa memilih genset tipe open. Dimana jika terjadi polusi suara dari genset, maka hal itu tak masalah. 

Semoga artikel ini bisa menambah referensi anda dalam memilih genset yang tepat bagi usaha yang anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *